BLANTERTOKOv105
1529177261838744855

AKHIRUSSANAH DALAM RANGKA IMTIHAN MDA DARUL HUDA DESA WONOPRINGGO TAHUN 2017

AKHIRUSSANAH DALAM RANGKA IMTIHAN MDA DARUL HUDA DESA WONOPRINGGO TAHUN 2017

Tepat tanggal 17 Mei 2017 yang lalu, diadakan serangkaian acara penting yang melibatkan seluruh warga Desa Wonopringgo. Acara tersebut biasa dikenal sebagai Akhirussanah. Pada dasarnya, Akhirussanah sendiri dapat diartikan sebagai perayaan atau pesta; yang dilaksanakan setelah selesainya ujian atau yang sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai imtihan. Jadi, akhirussanah adalah kegiatan yang dilaksanakan setelah imtihan atau dalam bahasa umumnya adalah perayaan atau pesta setelah menyelesaikan ujian. Oleh karena itu, serangkaian acara yang dilaksanakan tersebut mempunyai judul "Akhirussanah dalam rangka imtihan MDA DARUL HUDA Wonopringgo tahun 2017". Serangkaian acara tersebut diawali dengan diadakannya pawai ta'aruf mengelilingi Desa Wonopringgo, pembagian doorprize, hiburan kesenian duror, pengumuman pemenang lomba dan juara tiap-tiap kelas, kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda. Pada acara puncak, ditutup dengan pangajian umum.

Pawai ta'aruf sendiri dilaksanakan seperti halnya pawai-pawai biasanya, yaitu berjalan kaki dengan jarak tertentu untuk menuju ke suatu tempat. Perbedaannya terletak pada segala hal yang ditampilkan, baik pernak-perniknya, pakaian maupun irama yang dilantunkannya lebih menonjolkan sisi agamisnya. Iring-iringan pawai diawali oleh pembawa spanduk. Kemudian berurutan ditempati oleh pembawa bendera, wisudawan, drum band condro dari banser, peserta pawai perempuan diikuti laki-laki ditutup oleh penampilan Barongsai dari Sanggar Bamboe Idjo Desa Wonopringgo.
Pawai tersebut dimulai sejak pukul 14.00 WIB dengan titik awal pemberangkatan tepat di depan Masjid Darul Huda. Kemudian, iring-iringan pawai menuju ke arah lapangan asrama 407. Menuju ke arah pasar, lalu masuk kembali ke Desa Wonopringgo. Setelah itu, kembali menuju titik awal pemberangkatan yaitu Masjid Darul Huda melewati Sala'an. Pawai berakhir kurang lebih pukul 16.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Setelah pembagian doorprize, acara dibubarkan yang kemudian akan dilanjutkan kembali pada malam harinya.
Tepat pukul 20.00 acara kembali dilanjutkan yang dibuka langsung oleh kesenian duror. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian acara sebagai berikut: Pengumuman rangking 1,2 dan 3 dari jilid 1 sampai 6 serta pengumuman pemenang lomba yang telah diadakan, diantaranya adalah lomba cerdas cermat, lomba adzan, dll. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk juara dari kategori yang telah disebutkan di atas. Setelah pengumuman juara selesai, dilanjutkan dengan acara wisuda yang diikuti lebih dari 10 siswa MDA Darul Huda Desa Wonopringgo yang kemudian dilakukan pengambilan dan pembacaan sumpah alumni yang dipimpin langsung oleh Ust. Mustolih.
Setelah serangkaian pra-acara selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yang dimulai dengan sambutan oleh ketua panitia, ketua MDA Darul Huda Wonopringgo, Perwakilan orang tau atau wali murid MDA Darul Huda Desa Wonopringgo dan sambutan  terakhir oleh Kepala Desa Wonopringgo. Sebelum acara puncak dimulai, kesenian duror kembali naik ke atas panggung selama 15 menit. Selama itu pula acara ditunda untuk istiratah sejenak, sekaligus pembagian makanan ringan dan minuman oleh panitia kepada seluruh jamaah yang menghadiri acara pengajian umum tersebut.

Tepat pukul 22.00 WIB. acara puncak yang telah ditunggu-tunggu tiba. Yaitu, pengajian umum dalam rangka akhirussanah MDA Darul Huda Desa Wonopringgo yang menghadirkan Ust. Bustomi, S.Ag dari Tegal sebagai pembicara utamanya. Pengajian yang dibawakan langsung oleh Ust. Bustomi tersebut berangsung kurang lebih 2 jam, yang artinya tepat pukul 24.00 WIB pengajian umum dalam rangka Akhirussanah MDA Darul Huda Desa Wonopringgo telah usai.

Acara ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan segenap warga Desa Wonopringgo yang telah mencurahkan waktu, pikiran, tenaga serta sumber daya lainnya. Terimakasih untuk seluruh warga Desa Wonopringgo. Sampai jumpa di acara akhirussanah selanjutnya di tahun 2018 😁
Untuk dokumentasi lengkap acara, bisa dilihat dari menu INFO PUBLIK kemudian pilih GALERI FOTO. Bisa juga langsung dilihat dari Fanspage Facebook Resmi Desa Wonopringgo. Atau langsung kunjungi dua tautan berikut ini: ALMBUM 1 dan ALBUM 2

Salam MANTAP! 
"Menuju Wonopringgo MANTap! (Mandiri, Aman, Nyaman dan Terampil)"

Detail Pemesanan

AKHIRUSSANAH DALAM RANGKA IMTIHAN MDA DARUL HUDA DESA WONOPRINGGO TAHUN 2017
AKHIRUSSANAH DALAM RANGKA IMTIHAN MDA DARUL HUDA DESA WONOPRINGGO TAHUN 2017
Jumlah: : :
Harga Produk :

*Nama Jalan, Nomor Rumah dan RT/RW

Sub-Total : 0 Kode Unik : 0 Biaya Layanan : 0 Total : 0
*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya