BLANTERTOKOv105
1529177261838744855

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) / Deliberation of Village Planning and Development

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) / Deliberation of Village Planning and Development

Pada hari Rabu, 17 Januari 2017 telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) di wilayah Desa Wonopringgo. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memantapkan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa tahun anggaran 2018 serta menyepakati RKP Desa tahun anggaran 2019. Lalu pada tahun 2018 ini, Desa Wonopringgo akan melakukan pembangunan atau perencanaan apa saja sih? Kemudian tahun 2019 mendatang, Desa Wonopringgo akan melakukan pembangunan atau perencanaan apa saja? Mari kita simak melalui uraian berikut...


On Wednesday, January 17, 2017 has been implemented Village Planning and Development in Wonopringgo Village. This activity is intended to strengthen the Village Development Work Plan in 2018 budget year and agree on Village Development Work Plan in 2019 budget year. Then in 2018, Wonopringgo Village will do any development or planning anyway? Then in 2019, Wonopringgo Village will do any development or planning? Let's look through the following description ...


Pukul 20.00 WIB para pemangku kepentingan desa yang terdiri dari Pemerintah Desa Wonopringgo, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT), Karang Taruna, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Wonopringgo serta ada beberapa tamu undangan yang terdiri dari Camat Wonopringgo, Komandan Koramil (Danramil) 407 dan Pendamping Desa dan juga perwakilan organisasi lain yang ada di Desa Wonopringgo, mulai berdatangan ke tempat diselenggarakannya acara di Gedung Serbaguna (GSG) Pringgodani Desa Wonopringgo. Untuk mengisi kekosongan acara, sembari menunggu tamu undangan lainnya memasuki ruangan, terlebih dahulu disajikan video-video kegiatan yang telah berlangsung di Desa Wonopringgo melalui layar LCD. Untuk informasi, Desa Wonopringgo bisa dikatakan sebagai pelopor desa-desa di Kabupaten Pekalongan yang memiliki dokumentasi berupa video kegiatan.


At 20.00 hrs, village stakeholders consisting of Wonopringgo Village Government, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT), Karang Taruna, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) of Wonopringgo Village and there were several invited guests consisting of Wonopringgo Sub-district Head, Military Rayon Command 407 and Village Counselor as well as representatives of other organizations in Wonopringgo Village, began to arrive to the event held in Pringgodani Multipurpose Building of Wonopringgo Village. To fill the void of the event, while waiting for other invited guests to enter the room, first presented the video activities that have taken place in the Village Wonopringgo through the LCD screen. For information, Wonopringgo Village can be said as a pioneer of villages in Pekalongan Regency which has documentation in the form of videos.


Acara dibuka oleh pembawa acara yang pada malam itu dibawakan langsung oleh saudara Bawon Warjoyo. Setelah pembukaan acara, kemudian acara dilanjutkan dengan meneriakkan yel-yel penyemangat, yaitu yel-yel Desa Wonopringgo. Sudah tau kan bagaimana yel-yel Desa Wonopringgo? "Wonopringgo? Maju! Wonopringgo? Bersatu! Wonopringgo? MANTap! Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!" (Kata bercetak miring diserukan secara bersama-sama, kata bercetak tegak diserukan oleh pemimpin yel-yel).


This event was opened by an event host that was delivered by Mr.Bawon Warjoyo. After the opening of the event, then the event continued with shouting yell-yell, the yell-yell of Wonopringgo Village. Do you know how the yell-yell Wonopringgo Village? "Wonopringgo? Maju! Wonopringgo? Bersatu! Wonopringgo? MANTap! Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!"(The slanted word is called together, the upright word is called by the leader of yell-yell). 


Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Camat Wonopringgo. Dalam sambutannya, Camat Wonopringgo menakankan bahwa fungsi dari diadakannya musrenbangdes adalah untuk menampung aspirasi-aspirasi masyarakat desa. Supaya apa yang dikerjakan oleh pemerintah desa dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan tepat sasaran. Selain itu, Camat Wonopringgo juga menambahkan, agar masyarakat benar-benar menganggap musrenbangdes ini adalah hal yang serius, jangan hanya diam membiarkan pemerintah desa bekerja sendirian. Jadi, harus ada kerjasama dan pengertian yang selaras agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.


After that, the event continued with greetings. The first speech was delivered by Head of Wonopringgo Sub-district. In his speech, he implies that the function of the "MUSRENBANGDES" is to accommodate aspirations of the village community. So that what is done by the village government can be beneficial to the surrounding community and on target. In addition, the Head of Wonopringgo Sub-district also added that for people to really consider this musrenbangdes is a serious matter, do not just silence to let the village government work alone. So, there must be cooperation and understanding in harmony so that everything can go according to what is expected.


Setelah itu, sambutan kedua disampaikan oleh Slamet Haryanto selaku Kepala Desa Wonopringgo. Dalam sambutannya, Kepala Desa Wonopringgo meyampaikan bahwa pekerjaan untuk anggaran tahun 2017 telah dilaksanakan sepenuhnya tanpa ada yang tertinggal sedikitpun. Hasil dari pekerjaan tersebut akan disampaikan secara mendetai pada acara yang akan datang, yaitu saat Musyawarah Desa (Musdes) yang akan dilahkasakan pada akhir bulan Januari 2018. Lalu, untuk penyusunan anggaran tahun 2018 sedang dikebut untuk diselasaikan sebelum acara musdes. Supaya Dana Desa tahap pertama di tahun 2018 dapat dicairkan antara bulan Februari sampai Maret tahun ini. Lalu, Kepala Desa Wonopringgo juga menjelaskan progres-progres pembangunan di Desa Wonopringgo yang terbagi menjadi beberapa tahap, salah satunya pembangunan Gedung Serbaguna (GSG) Pringgodani yang akan dilanjutkan pengerjaannya pada tahun anggaran 2018. Diharapkan pada tahun ini pembangunan GSG Pringgodani akan terselesaikan seluruhnya.


After that, the second speech was delivered by Slamet Haryanto as the Head of Wonopringgo Village. In his speech, he conveyed that the work for the 2017 budget has been fully implemented without any left behind. The results of the work will be submitted in detail at the upcoming event, which is the Village Deliberation (Musdes) which will be held at the end of January 2018. Then, for preparation of the 2018 budget year is being accelerated before the musdes event. The first phase of "Dana Desa" in 2018 can be withdrawn between February or March this year. Then, he also explained the development progresses in Wonopringgo village which is divided into several stages, one of which is the construction of Multipurpose Building (GSG) Pringgodani which will be continued in 2018 budget year. It is expected that this year the GSG Pringgodani will be completed entirely.


Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Danramil 407. Dalam sambutannya, Danramil menekankan bahwa para orang tua harus mengawasi pergaulan anak-anaknya. Karena bergaul zaman sekarang musti memiliki kehati-hatian ekstra. Jangan sampai orang tua lalai, kemudian tidak tahu atau bahkan membiarkan anak-anaknya terjerumus kedalam pergaulan yang sesat. Sebagi catatan, dengan adanya Dana Desa, kegiatan di desa jadi bergejolak. Organisasi-organisi di desa seakan-akan memiliki semangat baru karena mendapatkan suntikan dana dari pemerintah desa. Seharusnya orang tua dapat mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan yang berbau positif tersebut. Siapa tau dengan mengikuti kegiatan yang bersifat positif tersebut, dapat menghasilkan prestasi yang tidak diduga-duga sebelumnya. Selain itu, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Danramil, organisasi di desa dapat mengalihkan dan menjauhkan dari pergaulan yang kurang baik dan kurang bermanfaat.


The third speech was delivered by Commander of Military Rayon Command (Danramil) 407. In his speech, Danramil stressed that parents should keep an eye on the association of their children. Because associating today must have extra caution. Don't neglect or don't know or even let your children fall into a misguided association. As a note, with the Village Fund, activities in the village so passionate. The village organizations seem to have a new spirit of getting an injection of funds from the village government. Parents should be able to direct their children to follow positive activities. Who knows by following activities that are positive, can produce unexpected achievements. Moreover, in accordance with what Danramil says, organizations in the village can divert and keep away from unfavorable and less useful associations.


Kemudian sambutan terakhir disampaikan oleh saudara Midjo selaku ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Ketua BPD menekankan supaya masyarakat dapat mengawasi kinerja pemerintah desa. Spanduk-spanduk penggunaan Dana Desa yang disebar dan ditempel di tempat-tempat keramaian jangan hanya dipandangi dan hanya dijadikan hiasan saja. Masyarakat harus memahami dan mengetahui apa saja yang akan dilakukan atau dikerjakan di Desa Wonopringgo pada tahun anggaran berjalan. Masyarakat juga bisa mengawasi apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah desa. Apakah sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Jika tidak sesuai, silahkan laporkan ke BPD, supaya dapat ditindaklanjuti. Harapannya apa yang dilakukan oleh pemerintah desa dapat berjalan sesuai kendali, karena selama ini apa yang dikerjakan oleh pemerintah Desa Wonopringgo serta jajarannya telah berjalan pada koridor yang benar dan menuju ke arah yang semakin baik.


Then the last speech was delivered by Mr.Midjo as chairman of the Village Consultative Board (BPD). The head of BPD emphasizes that the community can oversee the performance of the village government. Village Fund usage banners are spread and affixed in crowded places should not just be looked at and only used as decoration. The community must understand and know what will be done or done in Wonopringgo Village in the current budget year. Community of WOnopringgo Village can also monitor what the village government has done. Is it in accordance with what has been planned. If it is not appropriate, please report it to BPD, so it can be acted upon. It is hoped that what the village government can do runs in control, because so far what has been done by the government of Wonopringgo Village and its staff has been running on the right corridor and towards the better.


Setelah acara sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan usulan pengajuan proyek atau program yang akan dilaksanakan di tahun 2019 oleh Ketua RT, Ketua RW serta organisasi yang ada di Desa Wonopringgo. Setelah semua lapisan masyarakat menyampaikan usulannya, kira-kira didapatkan kumpulan usulan-usulan sebagai berikut:


After the speech was finished, the event continued with the proposed submission of projects or programs that will be implemented in 2019 by the Head of RT, Head of RW and the existing organization in Wonopringgo Village. After all the layers of society submitted their suggestions, there were approximately a collection of proposals as in the picture above:

Setelah itu, usulan tersebut akan dibawa ke tingkat kecamatan. Kemudian akan dilaksanakannya Musrenbang tingkat kecamatan, kemudian akan diusulkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yaitu ke tingkat kabupaten.

After that, the proposal will be brought to the kecamatan level. Then the Musrenbang will be implemented at the sub-district level, then it will be proposed to a higher level, ie to the regency level.

Galeri lain acara ini dapat dilihat DI SINI
Other photos of this event can be seen HERE

Video acara ini dapat dilihat di atas atau melalui link berikut INI (Sedang Dalam Pengerjaan)
Video of this event can be seen above or through by following THIS LINK (In Process)

Wonopringgo Maju,
Wonopringgo Bersatu,
Wonopringgo MANTap!,
Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!

Salam MANTap!
"Menuju Wonopringgo MANTap! (Mandiri, Aman, Nyaman dan Terampil)"

Detail Pemesanan

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) / Deliberation of Village Planning and Development
Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) / Deliberation of Village Planning and Development
Jumlah: : :
Harga Produk :

*Nama Jalan, Nomor Rumah dan RT/RW

Sub-Total : 0 Kode Unik : 0 Biaya Layanan : 0 Total : 0
*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya